Minggu, 19 Mei 2013

Output Madrasah Rumah Kami (2)

Bismillahirrahmanirrahim,

Bunda sholihah apa kabar? semoga keberkahan menyertai para bunda sekalian dalam menjalankan aktivitas selaku hamba Allah SWT dimanapun para bunda berada .*peluk
Kali ini ingin melanjutkan tulisan terkait output madrasah rumah kami yang merupakan kelanjutan dari tulisan output madarasah rumah kami bagian 1 yang bisa dibaca disini ,Uraian output kali ini berkaitan dengan parameter atau nilai ukur dari point-point berikut :
  1. Faqih Fiddiin
  2. Berjiwa Pemimpin
  3. Terdepan Dalam Sain dan teknologi
Adapun parameter dari masing-masing point diatas :
  • Faqih Fiddiin : ananda menguasai pemikiran dan hukum islam dalam bidang yang ananda geluti, yang mengarah pada semua amal didasarkan pada ilmu, dalam rangka mewujudkan tabiat bahwasannya ananda harus terbiasa belajar dan berfikir terlebih dahulu sebelum beramal. Dimana ilmu menjadi lentera amal (petujuk amal) dan terus berproses agar ananda tidak mengikuti segala sesuatu hanya dipandang dari sosok figuritas semata (taqlid buta) tapi ianya mengikuti segala sesuatu didasarkan pada kesesuaian fakta dan kekuatan dalil (muqolid muttabi') seiring perjalanan penempaan serta kembara ilmu harapannya ananda bisa berproses menjadi seorang mujtahid mas'alah maupun lebih dari itu berproses menjadi mujtahid mutlak, tentu kesemuanya itu tak harus berasal dari rumah , orang tua pun bisa menghantarkan ananda pada pilihan 'guru-guru 'terbaik yang menghampar disemesta yaitu para 'mutiara-mutiara umat' untuk menopang penguasaan ilmu alat seperti, bahasa arab, ushul fiqih, ulumul qur'an ,dll. Yang intinya ananda belajar langsung dari sang maestro dari masing-masing ilmu alat tersebut.*karena emaknya masih terus belajar :)
  • Sedangkan untuk parameter dari character building yang harus dibagun dari diri ananda agar ianya memiliki karakter berjiwa pemimpin tentu membutuhkan bata-bata penguat dari karakter tersebut diantaranya mewujudkan kemandirian pada ananda,rasa tanggung jawab dalam menjalankan islam sebagai ad-diin yang di yakininya, teguh dalam mempertahankan islam ideologis yang menjasad didalam jiwanya, berani menolak kedzoliman, aktif melakukan edukasi ketengah-tengah umat agar umat mengambil islam secara kaffah yaitu sebagai sebuah ideologi (way of life), serta ditengah komunitasnya ananda mampu menjadi leader atau mampu mewarnai komunitas dengan kebaikan semata,yang kedepannya ananda cakap dalam memimpin keluarga, masyarakat, bangsa bahkan dunia.
  • Adapun terkait parameter yang harus dibangun dalam diri ananda agar ianya mampu dan terdepan dalam penguasaan sains dan teknologi diantaranya kita selaku orang tua menghantarkan ananda menjadi anak yang kreatif dan inovatif dalam melakukan pemenuhan sarana kehidupan yang dijalani oleh ananda, ananda mandiri dalam pemenuhan sarana keidupan bebas dari ketergantungan kepada pihak lain disebabkan ananda berjiwa produktif ,tidak konsumtif dalam pemanfaatan teknologi hanya diambil sesuai keperluan serta mampu secara mandiri mengembangkan teknologi untuk kemanjuan bangsa agar menjadi negara yang terdepan.
Untuk mewujudkan output madrasah rumah bagi kami tentu membutuhkan upaya dan kerja keras serta memohon pada Sang Penguasa Semesta raya yang jiwa-jiwa kami ada dalam genggaman-Nya agar diberikan kemudahan jalan untuk mewujudkan itu semua dengan mensinergiskan rancangan kurikulum ihs kami, selain kami orang tua adalah guru pertama dan utama tentu kamipun memfasilitasi ananda dengan maestro terbaik (soko guru yang berkualitas) dengan penguasan metode pembelajaran yang (talqiyan fikriyan),dan kami selaku orang tua entu berusaha senantiasa menciptakan lingkungan masyarakat yang kondusif,karena lingkuan merupakan bagian semesta yang mewarnai perjalanan tumbuh kembang ananda, serta apapun kebaikan yang ingin diwujudkan bila tidak di organisir dengan baik maka itu akan mudah 'menumbangkan asa yang telah terpancang' sehingga kami senantiasa belajar hari demi hari untuk mampu mewujudkan manajemen madrasah rumah kami dengan baik. semoga kita semua khususnya para orang tua yang memilih jalan IHS (islamic homeschooling) maupun HS secara umum bisa saling berbagi, menginspirasi untuk melesatkan potensi madrasah rumah sebagai bagian dalam rangka mewujudkan generasi unggul generasi cemerlang.
salam hangat dari beranda madrasah rumah :) ummu ammar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Share